menyongsong Sail Sabang 2017

Senin, 07 Agustus 2017 Pemerintahan

Oleh admin

AKARTA, KOMPAS.com - " Sail Sabang 2017" akan digelar di Sabang (Pulau Weh), Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 28 November - 5 Desember 2017. Sejumlah acara disiapkan untuk memeriahkan acara Sail Sabang 2017.

"Tema Sail Sabang adalah 'Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia'", kata Deputi Sumber Daya Manusia, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin seusai Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Safri mengatakan perhelatan Sail Sabang 2017 akan fokus pada pengembangan pariwisata. Ia juga menyebut Sail Sabang akan dipenuhi dengan berbagai acara yang berbeda dengan penyelenggaraan event serupa di tempat yang berbeda.

Pada acara pembukaan (opening ceremony) Sail Sabang 2017 akan menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati; toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang tall ship atau kapal dengan layar tinggi dari negara-negara yang dilewati seperti India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu, akan digelar juga sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.

Kegiatan-kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba memancing, lomba video dan foto melalui drone, Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh, dan bakti sosial serta bersih pantai.